Welcome to MTsN 4 Bogor www.mtsn4bogor.sch.id

Jl. Brigjen Darsono No.6 Cariu Bogor, Jawa Barat 16840

Madrasah Hebat, Bermartabat.

SEMBILAN ANGGOTA PRAMUKA GUGUS DEPAN 17.003-17.004 DIKUKUHKAN MENJADI PRAMUKA GARUDA 2020

Selasa, 10 Maret 2020 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 507 Kali

Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Bogor menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pramuka Garuda Tahun 2020, bertempat di Bumi Perkemahan Cimandala, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor pada tanggal 19-21 Februari 2020. 
Pada hari terakhir Jum’at, 21 Februari 2020, dalam rangka upacara ulang janji dan pengukuhan pramuka garuda di Kwarcab Bogor, 9 pramuka penggalang MTs Negeri 4 Bogor ikut dilantik bersama dengan pramuka garuda lainnya di wilayah Kwartir Cabang Kabupaten Bogor. Pramuka terpilih tersebut adalah Fachra Nurul Lailatilqodri (VIII.1), Dela Susilawati (VIII.1), Neza Gita Lestari (VIII.1), Sri Wahyuni Aprianti (VIII.1), Rio Setiawan Ramdani (VIII.7), Muhamad Rizal Afriyansyah (VIII.6), Yudi, Aditya Pratama (VIII.5), Lokahita Nilam Cahya (VIII.1) dan Heti Andini (VIII.10).
Pramuka Garuda ialah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka (SiagaPenggalangPenegakPandega).  Pramuka Garuda diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 101 tahun 1984 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda.
Seorang peserta didik yang telah mencapai tingkatan terakhir dalam golongannya, dan telah memenuhi persyaratan untuk menjadi Pramuka Garuda, berhak mengajukan permohonan kepada Kwartir Ranting melalui pembina gudepnya untuk dapat mengikuti uji kelayakan untuk dapat naik ke tingkatan Garuda. Setelah mengajukan permohonan, Kwartir Ranting  akan mengevaluasi peserta didik itu tentang kelayakan, baik dalam segi mental, ataupun sisi kelayakan persyaratan. Setelah dinilai cakap dan memenuhi persyaratan, calon Pramuka Garuda akan wawancarai oleh tim penguji yang terdiri dari tokoh kwartir Ranting, Gugus Depan, Guru, Orang Tua, dan Tokoh Masyarakat.
Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Bogor, H. Didi Kurnia, S.H, M.Si. mengatakan Pramuka Garuda ialah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka. Pramuka Garuda sebagai generasi bangsa Indonesia berkarakter harus siap menjiwai dan menjalankan Trisatya dan siap melaksanakan Dasa Darma. 
Pengukuhan pramuka garuda ini, selain dihadiri oleh Ketua Kwartir Cabang Kabupaten Bogor, juga dihadiri oleh para pelatih Pusdiklatcab Bogor dan para orang tua pramuka yang akan dikukuhkan. Hal ini karena pramuka yang akan dilantik menjadi penggalang garuda harus didampingi oleh orang tua / walinya. Selain itu dihadiri juga oleh Ketua Mabigus dan para Pembina di Pangkalan Sekolahnya masing-masing.
Dengan adanya pengukuhan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi peserta didik lainnya agar dapat sampai ke tahap pramuka garuda dan tentunya harus melewati syarat-syarat yang diwajibkan. Selain itu, yang terpenting adalah setiap pramuka garuda harus dapat menjadi teladan dan menjadi inspirasi di Pangkalan atau sekolahnya masing dalam kehidupan sehari-hari.

 

penulis "Ahmad Rifai, Pembina Pramuka MTs Negeri 4 Bogor"

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. H. ENUR NURDIN

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Pendidikan adalah produk kreatifitas yang sangat luar biasa, aktifitas pendidikan pada hakikatnya adalah sebuah usaha untuk mengembangkan…

Selengkapnya